Senin, 10 Oktober 2011

Umur Kehamilan 28 minggu dengan Gangguan FISIOLOGIS


BAB I
PENDAHULUAN


1.1   LATAR BELAKANG
Masalah kesehatan ibu dan perinatal merupakan masalah nasional yang perlu mendapat prioritas utama, karena sangat menentukan kualitas sumber daya manusia pada generasi mendatang. Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Perinatal (AKP) memberi dampak secara langsung terhadap derajat kesehatan janin / bayi pada minggu pertama kehidupannya (Depkes RI, 2002).
Di negara-negara maju, angka kematian maternal berkisar antara 5-10 per 100.000 kelahiran hidup, sedangkan di sedang negara-negara berkembang berkisar antara 750-1000 per 100.000 kelahiran hidup. Tingkat kematian maternal di Indonesia diperkirakan sekitar 450 per 100.000 kelahiran hidup (Prawirohardjo: 2005).
Untuk mencegah peningkatan AKI dan AKP maka setiap ibu hamil diharapkan untuk memeriksakan / Antenatal Care (ANC) yang mempunyai tujuan utama yaitu memfasilitasi hasil yang sehat dan positif bagi ibu maupun bayinya dengan jalan menegakkan hubungan kepercayaan dengan ibu, mendeteksi komplikasi yang mengancam jiwa, menyiapkan kelahiran dan memberikan pendidikan. 

lengkapnya di sini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar