Jumat, 14 Oktober 2011

Umur Kehamilan 40 MGG Inpartu Kala I Fase Aktif


BAB I 
PENDAHULUAN

 1.1.  LATAR BELAKANG
Persalinan adalah serangkaian kejadian yang berakhir dengan pengeluaran bayi yang cukup bulan atau hampir cukup bulan, disusul dengan pengeluaran placenta dan selaput janin dari tubuh ibu. (Unpad, Obstetri Fisiologi).
Kematian maternal adalah kematian wanita sewaktu hamil, melahirkan atau dalam 42 hari sesudah berakhirnya kehamilan, tidak tergantung dari lama dan lokasi kehamilan, disebabkan oleh apapun yang berhubungan dengan kehamilan atau penanganannya, tetapi tidak secara kebetulan atau oleh penyebab tambahan lainnya. Berdasarkan kesepakatan internasional, tingkat kematian maternal (Maternal Mortality Rate) didefinisikan sebagai jumlah kematian maternal selama 1 tahun dalam 100.000 kelahiran hidup.(Prawirohardjo: 22).
Kala I merupakan kala pembukaan yang berlangsung antara pembukaan 0 – 10 cm (lengkap). Lamanya Kala I untuk primigravida berlangsung 12 jam, sedangkan multigravida 8 jam. (Manuaba, 1998).
Pada kala I fase aktif persalinan, perlu dilihat frekuensi dan lama kontraksi uterus umumnya meningkat, seviks membuka dari 4 – 10 cm, terjadi penurunan bagian terendah janin. (Dep-Kes RI, 2004).
Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa inpartu kala I fase aktif perlu diobservasi sesering mungkin untuk mendeteksi adanya komplikasi dalam persalinan. 

Selengkapnya ambil disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar