Jumat, 14 Oktober 2011

Inpartu Kala I Fase Aktif


Pembagian tahap persalinan salah satunya adalah kala I. Yang dimaksud kala I adalah kala pembukaan yang berlangsung antara pembukaan 0-10 cm. Pada multigravida berlangsung 8 jam, pada primigravida berlangsung 12 jam. (Manuaba, 1998: 165)
Persalinan dan kelahiran merupakan kejadian fisiologis yang normal. Kelahiran seorang bayi juga merupakan peristiwa sosial dimana ibu dan keluarga menantikan selama 9 bulan. Ketika persalinan dimulai, peranan ibu adalah untuk kelahiran bayinya, peran petugas kesehatan adalah memantau persalinan untuk keluarga memberikan bantuan dan dukungan pada ibu bersalin. (Sarwono, 2002: 100)
Selama persalinan berlangsung perlu pemantauan kondisi kesehatan ibu maupun bayinya. Hasil pemantauan dicatat dalam partograf. Partograf digunakan untuk mencatat semua informasi tentang kemajuan persalinan dan kondisi ibu serta janin. (Saifudin, 2002: 107-108)
Mengingat memantau persalinan khususnya pada kala I sangat diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka penulis tertarik untuk mengangkat kasus asuhan kebidanan pada Ny. “E” G1VP30003 UK 41 minggu Inpartu Kala I Fase Aktif di Ruang Bersalin RSUD dr. M. Soewandhie Tambak Rejo Surabaya. 

Selengkapnya ambil di sini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar