Rabu, 19 Oktober 2011

Cara Memperbaiki Master Boot Record Windows 7

Jika yang sedang error pada saat booting bukan dikarenakan boot loader atau master boot record (misalkan windows 7 hanya bisa masuk pada safe mode), maka tips ini tidak akan berguna karena tips ini hanya bisa mengatasi master boot record yang error.

Booting menggunakan DVD Installer Windows 7
  • Masukkan DVD installer windows 7 ke dalam DVD Rom.
  • Rubah setting BIOS agar pertama kali booting melalui DVD Rom. Atau anda juga bisa menggunakan menu booting dan memilih DVD Rom pada saat notebook/PC pertama kali dinyalakan.
  • Nyalakan PC/notebook.
  • Setelah proses booting berjalan, klik Repair your computer.

  • System pada DVD installer windows 7 akan mencari di drive mana windows 7 di install. Jika sudah ditemukan, lanjutkan dengan klik tombol Next.

  • Setelah itu, pada jendela System Recovery Option ada bisa memilih mana yang akan anda gunakan. Untuk kali, karena kita akan memperbaiki boot loader windows 7 pilih Command Prompt.
Memperbaiki Master Boot Record (MBR)
Jika ingin memperbaiki master boot record, anda bisa melakukannya dengan perintah sederhana di bwah ini.
bootrec /fixmbr
Jika ingin mengetahui lebih jauh perintah apa saja yang bisa dilakukan dengan perintah bootrec, gunakan perintah bootrec /? pada command prompt.



Setelah selesai memperbaiki Master Boot Record, tutup jendela command promt dan restart Desktop Pc atau notebook anda.
Selamat mencoba dan tetaplah berhati-hati saat menggunakan System Recovery Windows 7 pada perangkat komputer yang anda miliki!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar