Kamis, 03 November 2011

G1P0000 Umur Kehamilan 8 Minggu dengan Abortus Inkomplet

BAB I 
PENDAHULUAN
 
1.1.  LATAR BELAKANG
Abortus Inkompletus adalah pengeluaran sebagian hasil konsepsi pada kehamilan sebelum 20 minggu dengan masih ada sisa tertinggal dalam uterus. Pada pemeriksaan vaginal, kanalis servikalis terbuka dan jaringan dapat diraba dalam kavum uteri atau kadang-kadang sudah menonjol dari ostium uteri eskternum. (Winkjosastro, Hanifa, 2002).
Keguguran sebagian dilakukan dengan sengaja untuk menghilangkan kehamilan remaja yang tidak dikehendaki. Keguguran sengaja yang dilakukan oleh tenaga non profesional dapat menimbulkan efek samping yang serius seperti tingginya kematian dan infeksi alat reproduksi yang pada akhirnya dapat menimbulkan kemandulan.
WHO memperkirakan di seluruh dunia setiap tahunnya lebih dari 585.000 ibu meninggal pada saat hamil, bersalin, pada saat ini angka kematian ibu di Indonesia berkisar sebesar 19.500 – 20.000 setiap tahunnya atau terjadi setiap 26 – 27 menit. Penyebab kematian ibu adalah perdarahan 30,5%; infeksi 22,5%; gestosis 17,5%; dan anastesi 2%.
Berdasarkan data dan keterangan di atas, maka penulis menjadi tertarik untuk melakukan Asuhan Kebidanan dengan judul “Asuhan Kebidanan pada Ny. “M” GIP0000 Umur Kehamilan 8 Minggu dengan Abortus Inkomplet di BPS Ny. Umi Barokah Ngoro Jombang”.

1.2.  TUJUAN PENULISAN
1.2.1.      Tujuan Umum
Agar penulis mendapat pengalaman nyata dari teori yang selama ini diperoleh, serta mampu mengembangkan pola pikir secara ilmiah dengan melakukan Asuhan Kebidanan pada Ny. “M” dengan Abortus Inkompletus.

1.2.2.      Tujuan Khusus
Pada pelaksanaan Asuhan Kebidanan diharapkan mahasiswa mampu :
1.      Melakukan pengkajian pada pasien.
2.      Mengidentifikasi masalah diagnosa pada pasien.
3.      Mengantisipasi masalah potensial pada pasien.
4.      Memberi kebutuhan segera pada pasien.
5.      Mengembangkan rencana Asuhan Kebidanan pada pasien.
6.      Melaksanakan Asuhan Kebidanan pada pasien.
7.      Mengevaluasi asuhan yang telah diberikan berdasarkan kriteria.

lengkapnya baca disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar